Saturday, August 31, 2019

Cara Mengatasi Hama Dan Penyakit Pada Flora Buah Naga

Dasar Pertanian - Buah naga merupakan salah satu dari sekian banyak jenis buah-buahan yang mempunyai banyak manfaat. Karena buah yaitu sumber nutrisi yang mempunyai kandungan vitamin yang berkhasiat bagi tubuh. Kalau kita berbicara wacana buah naga, mungkin sebagian besar masyarakat masih awam kalau di tanya wacana cara budidaya buah naga. Walaupun sebetulnya menanam buah naga yaitu hal yang mudah. Yang terpenting dalam budidaya buah naga yaitu bagaimana cara kita merawatnya dengan penuh kasih sayang. Meskipun buah naga ini yaitu kategori flora yang tahan terhadap serangan hama penyakit, namun kita harus tetap mencurigai dan sebisa mungkin mencegah supaya tidak ada hama dan penyakit yang menyerang flora tersebut.

Ada beberapa jenis penyakit yang paling berbahaya pada flora buah naga, dan berikut ini yaitu tips mengatasi hama dan penyakit pada flora buah naga yang sanggup anda coba.

Cara Mengatasi Hama dan Penyakit Pada Tanaman Buah Naga


Hama

Hama yang paling sering menyerang flora buah naga ini diantaranya yaitu sebagai berikut :

1. Bekicot
Bekicot yaitu salah satu hama yang mengganggu flora buah naga walaupun tidak begitu mematikan, tapi perlu juga diwaspadai. Cara mengatasi bekicot pada buah naga yaitu dengan membuang semua hama tersebut dan membasminya, serta selalu menjaga kebersihan lahan.

2. Kutu putih
Hama ini juga sangat berbahaya bagi tanaman, kutu putih ini atau biasanya disebut kebul akan menciptakan sekitar batang flora buah naga menjadi putih dan kotor serta berakibat vatal kalau tidak di basmi. Cara membasminya yaitu dengan menyemprot insektisida.

Penyakit

1. Penyakit Fusarium
Penyakit fusarium ini di sebabkan oleh Jamur Fusarium oxysporium Schl, yang mana jamur ini akan mengakibatkan batang flora menjadi layu dan kedaluwarsa kalau di biarkan begitu saja. Cara menangani penyakit fusarium pada flora buah naga yaitu dengan menyemprotkan cairan Derosal 60 WP dengan takaran/dosis 2g/liter air. Lakukan penyemprotan 1-2 kali dalam 1 ahad pada penggalan batang dan cabang yang terjangkit penyakit fusarium tersebut.

2. Penyakit Busuk Pangkal Batang
Penyakit ini sanggup menjadikan pembusukan pada pangkal batang buah naga, di tandai dengan warna kecokelatan dan terdapat bulu bulu putih disekitarnya. Cara mengatasinya yaitu dengan menjaga kelembaban udara disekitar tanaman.

Itulah beberapa Cara Mengatasi Hama dan Penyakit Pada Tanaman Buah Naga, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment